Logo Bloomberg Technoz

Toyota Setop Pengiriman Usai 'Dicurangi' Daihatsu

Redaksi
21 December 2023 05:45

Stan Toyota Motor Corp. saat Japan Mobility Show di Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). (Noriko Hayashi/Bloomberg)
Stan Toyota Motor Corp. saat Japan Mobility Show di Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). (Noriko Hayashi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Toyota Motor Corp menyetop seluruh pengiriman mobil dari Daihatsu Motor Co. Daihatsu sendiri merupakan anak usaha Toyota.

Keputusan penghentian pengiriman itu dibuat usai terungkapnya skandal bahwa sebagian besar kendaraannya tidak diuji dengan benar untuk keselamatan dalam kecelakaan.

Toyota mengatakan pada Rabu, sekitar 174 ketidaksesuaian telah diidentifikasi sejak April ketiga dugaan pelanggaran ini pertama kali muncul. "Reformasi mendasar diperlukan untuk memulihkan Daihatsu," demikian pernyataannya.

Sebelumnya, enam model diperkirakan terdampak oleh hasil uji coba yang dimanipulasi. Akan tetapi, perusahaan kini mengatakan hampir setiap mobil di jajaran Daihatsu bisa terdampak. Kementerian Transportasi Jepang menyatakan akan melakukan pemeriksaan di lokasi pada Kamis waktu setempat.

Presiden Daihatsu, Soichiro Okudaira, dan Toyota akan mengadakan jumpa pers pada Rabu sore, menyusul penyampaian informasi oleh sebuah panel yang menyelidiki pelanggaran tersebut.