Logo Bloomberg Technoz

Keluarga Pengeluaran di Bawah Rp5 Juta Makin Banyak Berutang

Ruisa Khoiriyah
19 December 2023 12:05

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rumah tangga dengan pengeluaran di bawah Rp5 juta per bulan, diperkirakan banyak memakai pinjaman atau utang baru di ujung tahun ini, terutama untuk jenis kredit multiguna, kredit kendaraan bermotor dan kartu kredit, berdasarkan hasil survei terbaru yang dilansir oleh Bank Indonesia (BI), hari ini (19/12/2023).

Kelompok rumah tangga dengan pengeluaran antara Rp3 juta hingga Rp5 juta per bulan, mendominasi mayoritas pengajuan pembiayaan pada November dengan pangsa mencapai 45,3%, lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya 42%.

Sementara kelompok rumah tangga dengan pengeluaran antara Rp1 juta hingga Rp3 juta per bulan, menyusul di belakangnya dengan pangsa mencapai 38,1%, lebih tinggi dibanding sebelumnya 36,1%.

Adapun pengajuan pembiayaan dari rumah tangga dengan pengeluaran di atas Rp5 juta per bulan yang pangsanya mencapai 16,6%, diperkirakan melambat cukup dalam dari sebelumnya mencapai 21,9%.

Bank Indonesia dalam survei bulanan yang mengukur tingkat permintaan dan penawaran pembiayaan perbankan, juga mencatat, kelompok nasabah rumah tangga mencatat perlambatan permintaan pinjaman pada November dengan pangsa 10,7% dibanding 11,3% pada bulan sebelumnya.