Logo Bloomberg Technoz

Permintaan Kredit Perbankan Semakin Lesu di Ujung Tahun 2023

Ruisa Khoiriyah
19 December 2023 10:28

Gedung Bank Mandiri (Dok. Bank Mandiri)
Gedung Bank Mandiri (Dok. Bank Mandiri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Permintaan pembiayaan pada perbankan semakin lesu di ujung tahun, baik dari kelompok nasabah korporasi maupun rumah tangga. Kelesuan itu diperkirakan menyeret kinerja penyaluran kredit baru pada kuartal IV yang diperkirakan akan melanjutkan perlambatan.

Survei yang dilansir oleh Bank Indonesia (BI) pada Selasa (19/12/2023), mengungkapkan, pembiayaan korporasi pada November memang masih tumbuh dengan Saldo Bersih Tertimbang (SBT) 14,9%. Akan tetapi, angka itu lebih rendah dibanding bulan sebelumnya di angka 15,7%.

"Perlambatan kebutuhan pembiayaan korporasi terutama karena penurunan kegiatan operasional sebagai dampak lemahnya permintaan domestik dan ekspor," jelas BI dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan hari ini.

Korporasi masih lebih suka memenuhi kebutuhan pembiayaan dari dana sendiri yang meningkat dibanding bulan lalu, juga memanfaatkan fasilitas longgar tarik, lalu memakai pinjaman atau utang dari perusahaan induk, baru kemudian melirik kredit dari perbankan.

Responden survei menyampaikan alasan pemilihan sumber pembiayaan terutama masih dipengaruhi oleh aspek kemudahan dan kecepatan perolehan dana, juga biaya (suku bunga) yang lebih murah.