Logo Bloomberg Technoz

COP28 Sepakati Komitmen Pembiayaan Energi Terbarukan US$83,76 M

Dovana Hasiana
16 December 2023 09:30

Attendees at the COP28 climate conference at Expo City in Dubai. (Sumber: Bloomberg)
Attendees at the COP28 climate conference at Expo City in Dubai. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mencatat adanya komitmen pembiayaan energi terbarukan senilai US$83,76 miliar atau setara Rp1,3 kuadriliun setelah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim COP28.

Wakil Ketua Umum (WKU) Koordinator Bidang Kemaritiman, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia, Shinta W. Kamdani mengatakan, bantuan pendanaan diperuntukkan pembiayaan energi terbarukan sebesar US$5 miliar; sektor pangan US$3,1 miliar; dan US$2,7 miliar untuk sektor kesehatan, serta selebihnya untuk sektor lain.

“Tentunya ini bisa menjadi peluang bagi sektor usaha melalui peningkatan investasi hijau,” ujar Shinta, Jumat (15/12/2023).

Komitmen pembiayaan itu, kata Shinta, tentu perlu diimplementasikan untuk mendukung proyek-proyek berkelanjutan. Namun, selama ini banyak komitmen yang belum diwujudkan dan diterima oleh Indonesia.

Berdasarkan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) World Investment Report 2023, sebagian besar investasi dalam energi terbarukan mengalir ke negara-negara maju. Bahkan, sekitar tiga perempat dari semua pembiayaan investasi internasional dalam energi terbarukan pada 2022 mengalir ke Eropa.