Logo Bloomberg Technoz

Yield Treasury 10 Tahun Turun di Bawah 4% usai Keputusan The Fed

News
14 December 2023 12:00

Jerome Powell, Ketua Bank Sentral AS atau the Federal Reserve. (Dok: Bloomberg)
Jerome Powell, Ketua Bank Sentral AS atau the Federal Reserve. (Dok: Bloomberg)

Carter Johnson - Bloomberg News

Bloomberg, Imbal hasil surat utang pemerintah Amerika Serikat (Treasury) bertenor 10 tahun turun di bawah 4% untuk pertama kalinya sejak Agustus. Para trader mengambil sinyal dari Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) yang menyatakan bahwa mereka telah selesai menaikkan suku bunga.

Hal ini terjadi setelah pasar Treasury mengalami reli satu hari terbesar pada Rabu sejak beberapa bank regional kolaps pada bulan Maret. Pada Kamis di Asia, suku bunga obligasi bertenor dua tahun memperpanjang penurunan setelah anjlok sebanyak 31 basis poin pada sesi sebelumnya, dan imbal hasil 10 tahun diperdagangkan pada 3,998%.

Setelah pertemuan terakhir mereka tahun ini, para pembuat kebijakan The Fed menerbitkan proyeksi kuartalan baru untuk suku bunga pinjaman semalam yang mereka kendalikan, sambil membiarkan kisaran target suku bunga tidak berubah pada 5,25%-5,5%. Proyeksi median untuk akhir tahun depan adalah 4,625%, dibandingkan dengan median 5,125% pada bulan September. 

Suku bunga swap The Fed yang mengantisipasi perubahan kebijakan dihargai kembali ke tingkat yang konsisten dengan pemotongan lebih dari 140 basis poin, naik dari sekitar 113 basis poin sebelum pertemuan.