Logo Bloomberg Technoz

Kian Terpuruk, Saham WIKA Anjlok Pecah Rekor Terendah 14 Tahun

Muhammad Julian Fadli
14 December 2023 08:44

Gedung perkantoran Wijaya Karya atau WIKA (dok perusahaan)
Gedung perkantoran Wijaya Karya atau WIKA (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saham emiten pelat merah PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) kian terpuruk setelah menyentuh level terendah dalam 14 tahun pada penutupan perdagangan sebelumnya.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia saham WIKA anjlok dalam hingga mencatatkan penurunan 37 poin atau setara dengan 15,95% ke level Rp195, pada penutupan perdagangan Rabu (13/12/2023). Harga ini merupakan yang terendah sejak Februari tahun 2009 lalu, atau dalam 14 tahun.

Pergerakan Saham WIKA Cetak Rekor All Time Low (Bloomberg)

Jika menghitung tren harga WIKA sejak awal tahun atau year to date saham WIKA telah terjungkal 75%. Investor yang masih menggenggam saham perusahaan juga otomatis mencatatkan Unrealized Loss rugi dengan porsi yang sama.

Adapun kapitalisasi pasar saham WIKA tersisa Rp1,75 triliun dengan Price to Book Value 0,25 kali. Dengan Earning per Share tertekan hingga minus Rp6,64.

Seperti yang diwartakan sebelumnya, Wijaya Karya (WIKA) akan menggelar Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau rights issue. Ini merupakan salah satu strategi restrukturisasi Perusahaan.