Logo Bloomberg Technoz

Bicara Investasi, Lagi-lagi Bahlil Sentil Capres 'Perubahan'

Mis Fransiska Dewi
11 December 2023 21:20

Bahlil Lahadalia (tengah) (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)
Bahlil Lahadalia (tengah) (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah menargetkan realisasi investasi tahun 2024 mencapai Rp1.650 triliun. Namun demikian, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut target tersebut juga tergantung pada calon presiden (capres) yang akan terpilih nanti. 

“Kalau ditanya apakah bisa tercapai atau tidak Rp1.650 triliun tinggal capresnya bisa melanjutkan ini atau tidak, kalau capresnya punya otaknya beda bagaimana kita bisa merealisasikan angka ini,”  ujar Bahlil di Media Center Indonesia Maju, Jakarta Senin (12/11/2023).

“Kan ada juga salah satu tim sukses yang tidak ingin Indonesia seperti sekarang, tapi saya ingin mengatakan kalau Indonesia mau maju hilirisasi harus dilanjutkan.”

Diketahui paslon yang selama ini menggaungkan adanya perubahan adalah paslon Anies-Muhaimin. Bahkan tim ekonomi paslon nomor urut 01 itu mengkritik arah hilirisasi pemerintah Presiden Jokowi yang dianggap kurang jelas dan memiliki banyak kekurangan. Co-Kapten Tim Nasional Pemenangan atau Timnas Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) Thomas Trikasih Lembong pernah menyampaikan hal itu.

"Pertama kebijakan ini (hilirisasi) tidak sangat berorientasi kepada pasar tapi sangat didorong oleh pemerintah, tapi tidak memperhatikan pasar yang ada," kata Thomas Lembong di acara diskusi yang diadakan CSIS di Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2023).