Logo Bloomberg Technoz

Jepang Diprediksi Belum akan Akhiri Bunga Acuan Negatif Bulan Ini

News
11 December 2023 15:50

Kantor pusat Bank of Japan (BoJ) Sumber: Bloomberg
Kantor pusat Bank of Japan (BoJ) Sumber: Bloomberg

Toru Fujioka dan Sumio Ito - Bloomberg News

Bloomberg, Para pejabat Bank Sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ) merasa tidak perlu terburu-buru mengakhiri bunga acuan negatif bulan ini. Jepang jadi negara terakhir di dunia yang menerapkan suku bunga acuan negatif.

Menurut sumber, mereka belum melihat cukup bukti adanya pertumbuhan upah yang akan mendukung inflasi yang berkelanjutan. Hal ini menunjukkan bahwa bank sentral kemungkinan akan mempertahankan pengaturan stimulus moneter yang tidak berubah pada pertemuan kebijakan selama dua hari, yang berakhir pada 19 Desember.

Meskipun muncul spekulasi di pasar baru-baru ini bahwa suku bunga negatif mungkin akan dihapus setelah pertemuan pada Desember. Pejabat BOJ melihat potensi harga untuk menunggu informasi lebih lanjut guna memastikan pertumbuhan upah yang solid tidak terlalu tinggi.

Grafik inflasi Jepang. (Sumber: Bloomberg)

Menurut sumber, bank sentral akan membuat keputusan kebijakan terakhir setelah meninjau semua data yang tersedia mulai saat ini hingga keputusan tersebut, termasuk survei Tankan yang dijadwalkan pada hari Rabu dan kondisi di pasar keuangan hingga menit-menit terakhir. BOJ telah mengejutkan para ekonom dan pelaku pasar sebelumnya pada bulan Juli dan Desember lalu, dengan memanfaatkan ekspektasi tidak adanya perubahan.