Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Jepang Kontraksi, Pasca-Pandemi Susut 2,9%

News
08 December 2023 09:00

Jepang (Sumber: Bloomberg)
Jepang (Sumber: Bloomberg)

Yoshiaki Nohara - Bloomberg News

Bloomberg, Perekonomian Jepang menyusut lebih tajam dari perkiraan semula karena data konsumsi pribadi direvisi menunjukkan penurunan. Sebuah hasil yang menggarisbawahi rapuhnya pemulihan pasca-pandemi.

Menurut data yang direvisi dari Kantor Kabinet pada Jumat, Produk Domestik Bruto (PDB) menyusut sebesar 2,9% secara tahunan dalam tiga bulan hingga September dari periode sebelumnya. Angka tersebut dibandingkan dengan perkiraan awal sebesar -2,1% dan perkiraan ekonom sebesar -2,0%. Konsumsi direvisi menjadi -0,2% dari nol.

Hasil yang direvisi tersebut mengkonfirmasi bahwa pemulihan ekonomi Jepang dari pandemi kehilangan momentum selama musim panas. Prospeknya juga suram karena perekonomian luar negeri melambat dan inflasi yang tinggi membebani konsumsi dalam negeri. Angka belanja modal meningkat lebih tinggi, namun masih mencerminkan pelemahan, menyusut 0,4% secara kuartalan.

Data terpisah menunjukkan belanja rumah tangga turun pada Oktober selama delapan bulan berturut-turut karena pendapatan tunai riil terus menurun. Data bulanan menunjukkan lebih banyak pelemahan pada kuartal ini, dengan belanja rumah tangga turun 2,5% dari tahun sebelumnya. Meskipun upah nominal naik 1,5% — kenaikan tercepat sejak Juni — upah riil yang memperhitungkan inflasi turun selama 19 bulan berturut-turut, turun sebesar 2,3%.

PDB Jepang. (Sumber: Bloomberg)