Logo Bloomberg Technoz

Produsen Tembaga China Rencana Bangun Pabrik Rp 12,9 T di RI

News
01 March 2023 13:49

Kegiatan di perkantoran China (Sumber: Bloomberg)
Kegiatan di perkantoran China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg - Zhejiang Hailiang Co. produsen tabung tembaga asal China berencana membangun pabrik foil tembaga di Indonesia dengan nilai investasi 5,9 miliar yuan (US$ 850 juta) atau setara Rp 12,95 triliun.

Pengembangan pabrik berkapasitas 50 ribu ton foil tembaga ini berlangsung dua tahap dan ditargetkan tuntas pada 2025 dan 2027. Zhejiang Hailiang telah mengajukan permohonan kepada otoritas Shenzhen Stock Exchange Selasa kemarin.

Di tengah persaingan yang makin ketat dalam negeri, Zhejiang  mendorong pertumbuhan ke pasar Amerika Serikat (AS), Eropa, dan Asia Tenggara. Rencana ekspansi ini akan mengurangi risiko hambatan dalam perdagangan global, juga memangkas tarif dan biaya transportasi.

"Proyek di Indonesia merupakan langkah kunci dalam strategi usaha  [eksplorasi] energi baru," bunyi pengumuman perusahaan. Pengalaman Zhejiang pada bisnis tabung tembaga tercermin dari sebaran pabrik di 21 negara, termasuk AS, Thailand, Vietnam, Jerman, dan Spanyol.

Aktivitas pengisian daya mobil listrik. (Dok ilustrasi/Bloomberg)

Produsen baterai lithium asal China tengah ekspansi mencari lokasi produksi di luar negeri. Tujuannya membangun rantai pasokan dunia untuk memenuhi permintaan pasar negara-negara barat. Pendirian pabrik dilakukan dengan mitra dalam negeri.