Logo Bloomberg Technoz

Rencana TikTok, anak usaha ByteDance Ltd, yang akan segera mengumumkan investasi di Tokopedia, ternyata tak mampu mengangkat harga saham GOTO di sepanjang perdagangan hari Rabu (6/12/12023), ketika kabar itu pertama muncul.

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) yang merupakan induk Tokopedia, masih kesulitan untuk bergerak positif di tengah isu kesepakatan tersebut, pun harga saham GOTO terseok-seok di zona merah. Padahal kesepakatan itu digadang-gadang dapat membantu pertumbuhan bisnis penjualan Tokopedia, di mana TikTok memiliki 125 juta pengguna aktif di Indonesia.

Ulasan lebih lanjut baca di sini.

3. Muncul Kabar BREN akan 'Masuk' ke Archi Indonesia (ARCI)

Saham PT Archi Indonesia Tbk (ARCI) mendadak merangsek jajaran top gainers. Ini sejalan dengan munculnya rumor jika perusahaan tambang ini tengah didekati oleh dua konglomerasi besar, yakni Grup Barito dan Grup Astra.

Pelaku pasar yang mengetahui informasi itu mengatakan, PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) memiliki rencana untuk mengakuisisi saham Archi Indonesia (ARCI). "Jumat ini, semua penawar masukkan bid," ujar sumber tersebut kepada Bloomberg Technoz, Rabu (6/12/2023). "Selain BREN, ada Pama Persada," sambungnya.

Selanjutnya bisa dibaca di sini.

4. Waskita Karya (WSKT) Sudah Dalam Keadaan Gagal Bayar (Default)

Pemeringkat Efek Indonesia atau Pefindo menyatakan PT Waskita Karya Tbk (WSKT) mengalami default atas sejumlah emisi obligasinya.

"Pefindo menurunkan peringkat Obligasi  Berkelanjutan III Tahap IV Waskita Karya (WSKT) menjadi idD dari idCCC," seperti dikutip dari keterangan resmi Pefindo, Selasa (5/12/2023).

Sesuai dengan definisi dari Pefindo, obligor dengan peringkat idSD (Selective Default) menandakan obligor gagal membayar satu atau lebih kewajiban finansialnya yang jatuh tempo, baik atas kewajiban yang telah diperingkat atau tidak diperingkat, tetapi masih melakukan pembayaran tepat waktu atas kewajiban lainnya.

Lebih lengkap baca di sini.

5. Segera Diumumkan, Begini Skema Investasi TikTok di Tokopedia

Bloomberg News melaporkan TikTok anak usaha ByteDance Ltd. telah mencapai kesepakatan untuk berinvestasi di Tokopedia, sayap e-commerce dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

Sejumlah eksekutif mengatakan aplikasi media sosial berbasis video pendek format vertikal milik ByteDance asal China ini telah setuju untuk bekerja sama dengan Tokopedia dalam beberapa wilayah. Mereka tidak lagi bersaing secara langsung dalam platform e-commerce di Indonesia, kata orang-orang yang mengetahui perjanjian tersebut.

Selengkapnya baca di sini.

6. BUMI Beberkan Arahan Anthoni Salim Saat Awal Masuk ke Perusahaan

Direktur PT Bumi Resources Tbk (BUMI), Dileep Srivastava, membeberkan arahan pemegang saham baru untuk rencana bisnis perusahaan ke depan. Pemegang saham baru ini mengarah pada konglomerat pemilik Grup Indofood, Anthoni Salim.

"Cukup untuk mengatakan bahwa pemilik besar kami yang telah datang di tahun sebelumnya, objektif kami saat ini terpusat untuk memperkuat bisnis batu bara, meningkatkan margin dan melihat potensi bisnis yang lebih hijau," jelas Dileep, Rabu (6/12/2023). Penjelasan itu juga sekaligus mengklarifikasi rencana Bumi Resources (BUMI) untuk mengakuisisi aset baru.

Lebih lengkap baca di sini.

7. Ada Jejak Investasi Dana Haji di BUMN Karya Waskita Karya

Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) tengah berada dalam sorotan sejurus dengan kenaikan porsi biaya haji yang harus dibayarkan oleh para calon jamaah haji untuk tahun keberangkatan 2024 nanti.

Ada dugaan bahwa kinerja pengelolaan dana haji oleh BPKH masih belum optimal dengan pencapaian return of investment sebesar 6,31% atau setara Rp10,13 triliun dari total dana kelolaan Rp166,54 triliun. Batasan yang dimiliki oleh BPKH dalam memilih aset investasi yang tepat karena harus mengacu pada prinsip risk avoiding dan kehati-hatian, agaknya membuat pengelola dana memilih strategi konservatif dalam memutar uang jamaah.

Akan tetapi, menilik laporan keuangan yang dilihat oleh Bloomberg Technoz, kehati-hatian pengelolaan uang calon jamaah haji oleh BPKH menuai pertanyaan. Pasalnya, ada jejak investasi BPKH di instrumen perusahaan yang bermasalah, dalam hal ini adalah BUMN karya yang terperangkap skandal utang dan telah default yakni PT Waskita Karya Tbk (WSKT).

Baca lebih lengkap di sini.

8. Hasil RUPSLB Vale (INCO): Cuma Ada 1 Direktur Terdepak

Para pemegang saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) memutuskan untuk mengurangi hanya satu personel di jajaran direksi perusahaan. Berdasarkan hasil  rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang digelar hari ini, Rabu (6/11/2023), pemegang saham menyetujui pengunduran diri R Mattheew Cherevaty sebagai direktur.

"Pengunduran diri salah satu direktur Matt Cherevaty itu diterima oleh pemegang saham. Itu saja," ujar Rudiantara, Komisaris Independen INCO ditemui usai RUPSLB di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Lebih lengkap baca di sini.

9. Karen Agustiawan Gugat Kantor Akuntan Ternama PwC

Mantan Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina, Karen Agustiawan menggugat perusahaan atau kantor akuntan PT PricewaterhouseCoopers Consulting (PwC) Indonesia ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Registrasi gugatan dan rinciannya terlihat di laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakarta Selatan sebagaimana dikutip dari laman resminya pada Selasa (5/12/2023). Adapun sidang perdana dijadwalkan pada 12 Desember 2023 mendatang pada pukul 10.00 WIB.

Baca selengkapnya di sini.

10. Divestasi 14% Saham INCO, Vale Kabarnya Minta 1,5 Kali Nilai Buku

Negosiasi soal pengalihan 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) ke MIND ID masih berlanjut. Negosiasi juga tengah dikejar agar rampung dalam waktu dekat.

Sumber Bloomberg Technoz yang mengetahui transaksi ini mengatakan, perwakilan dari Vale Canada akan datang ke Indonesia minggu depan. "Deal MIND ID dan Vale akan diputus minggu depan," ujar sumber yang enggan disebutkan namanya itu, Senin (4/12/2023).

Lebih lengkap baca di sini.

(rui)

No more pages