Logo Bloomberg Technoz

Bocoran Menteri Investasi Bahlil Soal Kolaborasi TikTok-Tokopedia

Mis Fransiska Dewi
07 December 2023 15:50

TikTok. (Dok: Bloomberg)
TikTok. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyatakan belum menerima laporan apapun terkait rencana investasi ByteDance Ltd, induk perusahaan TikTok ke Tokopedia, sebuah unit GoTo Group Indonesia. dan bekerja sama dalam layanan belanja online.

“Saya belum tahu,  belum ketemu sama saya [perwakilan TikTok ataupun grup GoTo]," kata Bahlil di sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2023, Kamis (7/12/2023). 

ByteDance sebelumnya dilaporkan telah mencapai kata sepakat untuk masuk kembali ke pasar Indonesia lewat investasi di Tokopedia. Pengumuman rinci paling lambat disampaikan minggu depan, seperti dilaporkan Bloomberg News Selasa (5/12/2023). Kerja sama TikTok Shop dengan Tokopedia akan dilakukan di beberapa wilayah.

Bahlil mengungkapkan, hingga saat ini sejumlah pihak yang ingin berinvestasi itu belum mencoba berkomunikasi dengan tim Kementerian Investasi/Kepala BKPM. Bahlil juga mengingatkan, setiap investasi yang akan masuk ke Indonesia seharusnya dilaporkan ke Sistem Online Single Submission (OSS) atau Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. 

“Secara aturan kan semua izinnya lewat OSS. Kalau OSS berarti di Kementerian Investas. Kalau mereka ada komunikasi, silahkan saja. Tapi belum ada komunikasi sama saya,”  tegas Bahlil.