Logo Bloomberg Technoz

Strategi “Merangkul” TikTok Shop ke Pemain Lokal Tokopedia

Whery Enggo Prayogi
06 December 2023 12:50

Ilustrasi Tokopedia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Tokopedia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebuah petuah bijak mengatakan saat pesaing tidak bisa dikalahkan, lebih baik dijadikan kawan. Mungkin ini jadi gambaran tepat untuk kesepakatan yang terjalin antara ByteDance Ltd, induk usaha platform TikTok dengan unit bisnis milik PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), Tokopedia.

Situasi yang juga digambarkan oleh analis JPMorgan, Hery Wibowo. “Yang semula bersaing akan bisa menjadi teman saat keduanya selama punya kepentingannya sejalan.”

Kembalinya TikTok Shop dengan menggandeng Tokopedia, menurut JPMorgan berpotensi membentuk kembali lanskap belanja online di Indonesia, meski belum dipastikan apakah akan menguntungkan pemain e-commerce lama Tokopedia, ataupun grup GOTO.

“[Seberapa positif dampaknya] akan bergantung pada struktur kesepakatan, valuasi, pengaturan komersial, dan ekonomi bersama, dalam pandangan kami,” berdasakan catatan akhir November JPMorgan, yang disusun termasuk melibatkan Henry Wibowo, dikutip Rabu (6/12/2023).

Lebih jauh kesepakatan menjadi solusi karena TikTok unggul dalam menghasilkan trafik yang signifikan selama menjalankan bisnis e-commerce. Hal ini secara otomatis mendorong pertumbuhan nilai transaksi (GMV).

Peta Kompetisi e-commerce (Bloomberg Intelligence)