Logo Bloomberg Technoz

Putin Bakal Kunjungi Saudi dan UEA, Lawatan Langka Pascaperang

News
05 December 2023 05:45

Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Rusia Vladimir Putin akan melakukan perjalanan ke Uni Emirat Arab (UEA) dan Arab Saudi, menurut orang-orang yang mengetahui rencana tersebut. Ini merupakan perjalanan luar negeri yang jarang dilakukan pemimpin tersebut sejak invasinya ke Ukraina.

Putin berencana mengunjungi Abu Dhabi, UEA, pekan ini, menurut seseorang, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitivitas topik tersebut. Dia juga berniat melakukan perjalanan ke Arab Saudi, menurut orang lain.

Media Rusia Life.ru melaporkan Senin pagi bahwa Putin akan melakukan kunjungan kerja ke kedua negara tersebut, mengutip Yuri Ushakov, penasihat Kremlin untuk urusan luar negeri. Ushakov juga mengatakan Putin akan bertemu Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman. Juru bicara Putin Dmitry Peskov tidak membalas pesan yang meminta komentar.

Kunjungan ini menyoroti pentingnya negara-negara Teluk bagi Moskwa, mengingat ketergantungan mereka pada pendapatan ekspor energi. Arab Saudi, UEA, dan Rusia semuanya adalah anggota OPEC+, aliansi antara Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen minyak besar lainnya, dan pembicaraan antara para pemimpin akan menjadi hal penting bagi Putin.