Logo Bloomberg Technoz

“Lingkungan makro diperkirakan akan tetap menjadi penarik yang kuat untuk kripto,” kata Markus Thielen, kepala penelitian dan strategi di Matrixport, dalam sebuah catatan pada hari Jumat. 

"Penurunan inflasi lainnya diantisipasi, mendorong Federal Reserve untuk kemungkinan memulai penurunan suku bunga. Dikombinasikan dengan arus silang geopolitik, dosis dukungan moneter yang sehat ini akan mendorong Bitcoin ke level tertinggi baru pada tahun 2024.”

Kenaikan Bitcoin kini merupakan yang tertinggi dalam 18 bulan. (Dok: Bloomberg)

Saham-saham yang terkait dengan mata uang kripto juga naik dalam perdagangan premarket AS pada hari Jumat. Saham bursa aset digital Coinbase Global Inc naik 3,5%, sementara saham perusahaan penambang Marathon Digital Holdings naik 4%.

Bitcoin telah naik lebih dari 133% sepanjang tahun ini, mengungguli kenaikan pada banyak sektor tradisional lainnya karena investor lebih menyukai eksposur ke aset-aset yang lebih berisiko. 

Para pedagang optimis bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) akan segera menyetujui ETF di bursa pertama di negara itu yang terkait langsung dengan Bitcoin.

Penyelesaian antara pihak berwenang AS dan bursa kripto Binance Holdings Ltd bulan lalu telah meredakan kegelisahan, menurut kepala komersial Deribit, Luuk Strijers.

(bbn)

No more pages