Logo Bloomberg Technoz

Bitcoin Ada di Level Tertinggi 18 Bulan, Sepanjang 2023 Naik 113%

News
01 December 2023 21:00

Ilustrasi Logo Bitcoin (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Logo Bitcoin (Sumber: Bloomberg)

Emily Nicolle dan Sidhartha Shukla — Bloomberg News

Bloomberg, Bitcoin melonjak ke harga tertingginya sepanjang tahun ini, karena para investor mengambil lebih banyak risiko menjelang komentar Ketua Bank Sentral AS (Federal Reserve) Jerome Powell, yang dapat memberikan petunjuk mengenai apakah AS semakin dekat dengan penurunan suku bunga. Data memperlihatkan Bitcoin telah naik lebih dari 133% sepanjang tahun ini.

Mata uang kripto terbesar di dunia ini menguat sebanyak 2,87% ke level tertinggi US$38.834 pada hari Jumat. Harga aset digital lainnya  seperti Ether dan Solana, juga naik lebih dari 2%.

Lonjakan Bitcoin merupakan nilai tertinggi token ini sejak 5 Mei tahun lalu, tepat sebelum runtuhnya ekosistem stablecoin TerraUSD dan mengguncang sektor ini dan memulai penurunan harga aset yang stabil.

Saham-saham Eropa juga menguat dan dolar turun, dimana Powell akan berbicara di Spelman College, Atlanta pada hari Jumat. Pasar bursa AS naik tipis sementara Treasury stabil, karena investor mencoba untuk mengukur apakah kenaikan bulan November di seluruh kelas aset masih harus dilanjutkan.