Logo Bloomberg Technoz

“Dalam diskusi kami dengan mitra NATO kami, terdapat peningkatan kekhawatiran mengenai pendekatan yang jauh lebih agresif yang dilakukan oleh musuh potensial kami,” termasuk kehadiran yang lebih “mengancam dan mematikan” di Kutub Utara, kata Menteri Pertahanan Bill Blair pada konferensi pers hari Kamis.

“Dunia kini menjadi tempat yang semakin berbahaya dan oleh karena itu saya merasa sangat terdesak.”

Jet-jet baru ini akan menggantikan armada pesawat Lockheed Martin Corp. CP-140 Aurora Kanada yang sudah tua pada saat Rusia dan Tiongkok menunjukkan peningkatan minat di kawasan Arktik. 

AS telah mendorong sekutu dekatnya untuk meningkatkan teknologi yang disumbangkannya kepada Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara, terutama setelah balon mata-mata Tiongkok diduga terbang melintasi kedua negara sebelum ditembak jatuh pada bulan Februari.

Pemerintahan Trudeau sebelumnya menyatakan preferensinya terhadap pesawat Boeing, yang sudah digunakan oleh Jerman, Norwegia, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru. Kesepakatan itu akan menjadi salah satu yang terbesar bagi produsen pesawat AS tersebut.

P-8 Poseidon menghadapi tantangan terakhir dari Bombardier yang berbasis di Montreal, dimana Chief Executive Officer Eric Martel menyerukan proses pengadaan yang terbuka dan “adil” ketika ia mencoba untuk memulai bisnis pertahanan baru.

Martel selama beberapa bulan terakhir memuji versi militer dari jet bisnis Global 6500 milik Bombardier sebagai “solusi buatan Kanada” yang akan menampilkan inovasi pertahanan Kanada. Perusahaan tersebut bermitra dengan General Dynamics Corp. pada bulan Mei untuk mengembangkan peralatan militer pesawat tersebut.

Namun, model yang diusulkan hanya ada di atas kertas, sebuah faktor yang menambah risiko penundaan atau jebakan pesawat baru lainnya pada sebuah proyek yang penting bagi keamanan nasional.

Bombardier menyampaikan kekecewaannya atas pengumuman tersebut dalam pernyataan email. “Solusi yang siap kami hadirkan akan menjadi pengubah permainan bagi perekonomian Kanada,” kata perusahaan itu.

(bbn)

No more pages