Logo Bloomberg Technoz

Kanada Borong 16 Pesawat Pengintai dari AS Senilai US$7,7 M

News
01 December 2023 09:00

Pesawat pengintai militer milik Kanada. (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Pesawat pengintai militer milik Kanada. (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kanada telah menyelesaikan kesepakatan untuk memesan sebanyak 16 pesawat pengintai militer dari Boeing Co. sebagai bagian dari investasi senilai US$7,7 miliar, menolak pesaing dalam negeri yang diusulkan oleh produsen jet pribadi Bombardier Inc.

Pemerintahan Perdana Menteri Justin Trudeau mengonfirmasi kesepakatan itu pada Kamis (30/11/2023). Kanada telah menandatangani perjanjian dengan AS untuk mengakuisisi 14 pesawat Poseidon untuk Royal Canadian Air Force, dengan opsi untuk dua tambahan.

Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui potensi penjualan pesawat sub-berburu terbaik Angkatan Laut AS, sebuah pesawat jet komersial Boeing 737 yang dimodifikasi yang disebut P-8 Poseidon.

Kontrak dengan Boeing bernilai sekitar US$4 miliar dan perusahaan tersebut telah berkomitmen untuk berinvestasi dalam jumlah yang setara dalam perekonomian Kanada, meskipun perusahaan tersebut mengatakan dalam rilis berita bahwa mereka mungkin berinvestasi lebih dari US$7,4 miliar.

Investasi Kanada secara keseluruhan mencakup $5,9 miliar untuk pesawat, peralatan, perangkat pelatihan, dan pengaturan pemeliharaan. Sisa dananya akan digunakan untuk mendanai simulator, infrastruktur, dan senjata, kata pemerintah Kanada dalam siaran persnya.