Logo Bloomberg Technoz

Satu Pasien Cacar Monyet Meninggal Dunia karena HIV

Fransisco Rosarians Enga Geken
27 November 2023 13:40

Mpox. (Sumbe: Akun YouTube Sulianto Saroso Hospital)
Mpox. (Sumbe: Akun YouTube Sulianto Saroso Hospital)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengkonfirmasi kematian salah satu pasien cacar monyet atau Mpox di Jakarta, Rabu (23/11/2023). Akan tetapi, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM, Lie Khie Chen menyebut penyebab utama kematiannya adalah kondisi komorbid atau penyakit penyerta yang berat.

“Ada satu kasus di RSCM meninggal, tapi bukan karena Mpox, tapi karena penyebab lain yang sangat kompleks” kata Lie Khie Chen dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, Senin (27/11/2023).

Menurut dia, saat dirujuk ke RSCM, pasien sudah masuk dengan kondisi komorbid berat dan mengalami komplikasi sehingga butuh tindakan operasi. Berdasarkan data RSCM, pasien Mpox tersebut mengalami sumbatan usus kecil dan HIV positif dengan CD 4 yang sangat rendah.

Sebelumnya, pasien sudah menjalani proses perawatan selama 3-4 pekan di sejumlah rumah sakit, termasuk RSPI Sulianti Saroso.

“Pasca operasi kondisi pasien cukup stabil, namun karena adanya komorbid lainnya, dan juga adanya kondisi lesi yang cukup banyak dan berat sehingga terjadi komplikasi, sehingga setelah 2 minggu perawatan terjadi komplikasi di Paru dan pasien tidak tertolong” ujar Lie.