Logo Bloomberg Technoz

Gibran Safari Politik ke Wilayah Kantung PKB dan PDIP

Pramesti Regita Cindy
25 November 2023 10:45

Gibran Rakabuming Raka di Ponpes Amanatul Ummah (Dok TKN Prabowo-Gibran)
Gibran Rakabuming Raka di Ponpes Amanatul Ummah (Dok TKN Prabowo-Gibran)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Amanatul Ummah dalam acara silaturahmi dan dialog kebangsaan yang digelar di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur pada Jumat (24/11/2023). 

Gibran menyebut dirinya hadir untuk bersilaturahmi sekaligus mendengarkan aspirasi yang disampaikan oleh para kiai dan ulama di pondok pesantren tersebut.

"Saya hanya ingin menjadi pendengar pada acara hari ini. Saya ingin mendapatkan masukan, evaluasi, ataupun kritikan dari bapak, ibu semua yang nantinya bisa dijadikan bahan untuk memperkaya visi-misi kami," kata Gibran sebagaimana keterangan resmi dari TKN Prabowo-Gibran dikutip Sabtu (25/11/2023).

Diketahui Jawa Timur merupakan salah satu kantung pemenangan PDI Perjuangan. Provinsi ini termasuk paling banyak penduduk dan pemilik hak suaranya. Selain PDIP, PKB juga berjaya di Jatim. Namun untuk Pilpres, selama dua kali pemilu, Presiden Jokowi menang di Jatim kala diusung PDIP dan koalisinya. Namun pada saat ini Gibran tak menggunakan kendaraan PDIP maju di Pilpres 2024. PDIP dan koalisinya mengusung Ganjar-Mahfud. Sementara Gibran maju bersama Prabowo tanpa PDIP dan PKB.

Wali Kota Surakarta menyinggung komitmennya untuk memajukan pondok pesantren dan umat. Hal itu merujuk pada dana abadi pesantren yang pernah diumumkannya saat deklarasi capres-cawapres. Menurut Gibran, mempersiapkan santri adalah langkah strategis untuk menjawab tantangan zaman, karena mereka adalah generasi yang akan membentuk masa depan Indonesia.