Logo Bloomberg Technoz

KUR Dipakai Beli Mobil dan Renovasi Rumah, Teten Salahkan Bank

Dovana Hasiana
23 November 2023 17:50

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM. (Dok: Mis Fransiska/Bloomberg Technoz)
Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM. (Dok: Mis Fransiska/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menyalahkan perbankan terkait dengan temuan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang tidak tepat sasaran.

Menurut Teten, Kemenkop UKM selama ini sudah mencurigai para bank penyalur KUR karena jumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) penerima KUR tidak bertambah walaupun pemerintah telah meningkatkan jumlah alokasi KUR.

“Itu banknya saja yang keliru menyalurkannya dan itu yang kita curigai lama. Kenapa UMKM penerima KUR tidak bertambah secara signifikan walaupun jumlah KUR terus kita naikan? Karena banknya lebih banyak cari aman,” ujar Teten saat ditemui usai agenda rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, di Kompleks DPR, Jakarta Pusat, Kamis (23/11/2023).

Akibatnya, banyak KUR yang seharusnya digunakan oleh UMKM untuk meningkatkan produktivitas usaha justru disalahgunakan oleh oknum untuk kegiatan konsumsi.

Dengan demikian, kata Teten, bank yang tidak menyalurkan KUR dengan tepat sasaran harus ditindak. Namun, Teten tidak menyebutkan perihal jenis dan pihak yang harus melakukan penindakan terhadap bank tersebut.