Logo Bloomberg Technoz

IPO Perusahaan Taksi Milik Pemerintah Dubai Rp4,9 T Laris Manis

News
21 November 2023 19:20
Ilustrasi kota Dubai. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi kota Dubai. (Dok: Bloomberg)

Julia Fioretti—Bloomberg News

Bloomberg, Penawaran saham perdana Dubai Taxi Co. sebesar 1,16 miliar dirham atau US$315 juta (sekitar Rp4,9 triliun) telah menerima pesanan yang cukup untuk menutupi kesepakatan dalam waktu satu jam setelah dibuka. Hal yang menunjukkan permintaan kuat untuk privatisasi pertama di emirat ini dalam satu tahun.

Pemesanan ditutup di seluruh kisaran harga, menurut ketentuan-ketentuan kesepakatan yang diperoleh Bloomberg News. Pemerintah menjual 624,75 juta saham, atau 25% kepemilikan, dengan harga 1,8 dirham hingga 1,85 dirham per saham, kata perusahaan itu pada hari Selasa. Nilai saham Dubai Taxi mencapai 4,62 miliar dirham.

Para investor dapat melakukan pemesanan hingga 29 November, dengan harga penawaran akhir diumumkan pada 30 November. Saham tersebut diharapkan akan mulai diperdagangkan pada 7 Desember. 

IPO ini akan menjadi penjualan saham pertama oleh pemerintah Dubai dalam lebih dari 12 bulan terakhir. Pemerintah Dubai berhasil mengumpulkan dana sebesar US$8,3 miliar dengan menjual saham di empat perusahaan milik negara, termasuk perusahaan air dan listrik utama di kota tersebut, pada tahun 2022.