Logo Bloomberg Technoz

Matra Keempat TNI, Agus Subiyanto Akan Bentuk Angkatan Siber

Pramesti Regita Cindy
21 November 2023 15:40

Pasukan TNI berpatroli mengamankan pertemuan IMF-World Bank di Bali (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Pasukan TNI berpatroli mengamankan pertemuan IMF-World Bank di Bali (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto akan membentuk matra baru pada tubuh TNI yaitu Angkatan Siber. Rencana ini akan diwujudkan usai dirinya dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Besok.

"Akan dibentuk pokja [kelompok kerja] untuk melihat apakah lebih baik [ada] orang sipilnya," kata Agus usai Rapat Paripurna di DPR, Selasa (22/11/2023).

Dia mengatakan, sudah melihat pasukan khusus siber milik Militer Amerika Serikat, dua bulan lalu. Dalam kunjungan tersebut, menurut dia, Amerika Serikat memang memiliki sejumlah tentara terpilih yang dilatih dan dididik khusus untuk menguasai teknologi digital.

Menurut Agus, hal ini masih sangat sulit bagi TNI karena butuh waktu panjang mempersiapkan sejumlah tentara menguasai teknologi digital. Ambisi pembentukan angkatan siber berarti harus mengalokasikan dana besar untuk pendidikan sumber daya manusia.

Di sisi lain, kata dia, TNI bisa saja meniru pembentukan Angkatan Siber pada Militer Singapura. Dia mengklaim sudah pernah berkunjung ke markas pasukan baru Singapura tersebut.