Logo Bloomberg Technoz

Divestasi Kelar, MIND ID Siapkan Master Plan untuk Tambang Vale

Sultan Ibnu Affan
20 November 2023 15:58

Pekerja PT Vale Indonesia Tbk (INCO). (Dok Vale.com)
Pekerja PT Vale Indonesia Tbk (INCO). (Dok Vale.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) memastikan telah memiliki perencanaan yang matang dalam upaya mengembangkan potensi tambang nikel di dalam negeri, setelah proses divestasi 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) rampung.

Direktur Portofilio dan Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo mengatakan, holding badan usaha milik negara (BUMN) sektor pertambangan telah memiliki master plan untuk optimasi eksplorasi tambang nikel ke depan, yang sebelumnya hanya dikendalikan oleh Vale Indonesia.

"Belum selesai transaksi nya. [Namun,] sudah ada [master plan-nya," ujar Dilo saat dihubungi Bloomberg Technoz, Senin (20/11/2023).

Saat ini, kata Dilo, MIND ID dan Vale Indonesia  masih menjajaki transaksi negosiasi perihal harga saham yang bakal disepakati usai BUMN resmi mengambil alih 14% saham INCO.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif sebelumnya memastikan perjanjian kesepakatan awal atau head of agreement (HoA) divestasi saham 14% INCO kepada MIND ID sudah ditandatangani di San Fransisco, Amerika Serikat pada Jumat (17/11/2023) waktu setempat.