Logo Bloomberg Technoz

Setelah HoA Divestasi, Ini Lobi Lanjutan MIND ID ke Vale

Sultan Ibnu Affan
17 November 2023 18:50

Pekerja PT Vale Indonesia Tbk. (Dok Vale.com)
Pekerja PT Vale Indonesia Tbk. (Dok Vale.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut negosiasi untuk menentukan manajemen PT Vale Indonesia Tbk (INCO) pascadivestasi saham sebesar 14% ke PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) masih berlangsung.

Diskusi dilakukan antara MIND ID, yang kini menjadi pemegang saham terbesar INCO, dengan Vale Canada Ltd (VCL) dan Sumitomo Metal Mining; menyusul penandatanganan head of agreement (HoA) divestasi saham INCO di sela KTT APEC San Francisco, Amerika Serikat (AS) pekan ini. 

“Nanti kan ini management board yang nanti kemudian [membahas penempatan posisi] kepengurusan [komisaris dan direksi] utama. Tentu saja ada dewan komisaris. Komisarisnya itu dari MIND ID,” ujar Arifin, Jumat (17/11/2023).

Arifin menggarisbawahi kesepakatan posisi manajemen Vale Indonesia akan diproses dengan hati-hati agar kinerja perseroan tidak goyah, seiring dengan perubahan komposisi pemegang saham.

“Segala sesuatu dalam kerja sama itu harus sepakat, kemudian fairness itu juga harus disepakati. Kalau enggak, kan jadi enggak stabil korporasinya. Manajemennya jadi enggak solid. [Kalau] enggak stabil perusahaannya, nah ini bisa jatuh sahamnya,” tuturnya.