Logo Bloomberg Technoz

Rice Cooker Gratis ESDM: Tenggat Mepet, Data KPM di Bawah Target

Sultan Ibnu Affan
16 November 2023 07:55

Ilustrasi rice cooker atau penanak nasi./dok. Tokopedia
Ilustrasi rice cooker atau penanak nasi./dok. Tokopedia

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut baru menerima hingga 333.000 data penerima alat penanak nasi atau rice cooker gratis, dari target rencana bantuan sebanyak 500.000 penerima.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (Dirjen Gatrik) Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu mengatakan keseluruhan jumlah data itu yang telah disesuaikan berdasarkan data keluarga penerima manfaat (KPM) yang telah diverifikasi dan validasi.

"Dari 500.000, sudah masuk data sekitar 333.000 per 14 November. Ini masih lagi divalidasi dan verifikasi di lapangan, supaya begitu nanti beres, sudah ada [data penerima] by name by address, dan sudah langsung bisa dikirimkan," ujarnya saat dijumpai di Kompleks Parlemen, Jakarta (15/11/2023).

Jisman mengatakan, hingga saat ini Ditjen Gatrik pun terus melakukan verifikasi data penerima rice cooker, supaya dapat tersalurkan sesuai target jumlah penerima sebanyak 500.000.  

Dia juga memastikan penyaluran seluruh bantuan rice cooker itu bakal rampung pada Desember. Targetnya, proses pendistribusian bantuan tersebut sudah mulai bisa dilakukan sebelum akhir bulan ini.