Logo Bloomberg Technoz

Christy Davis, salah satu pendiri Subdial, platform perdagangan jam tangan berbasis di Inggris, mengatakan ada tanda-tanda pelemahan lebih lanjut seiring meningkatnya pasokan dan waktu yang lebih lama dibutuhkan oleh pedagang jam tangan bekas untuk menjual stok mereka.

Watch Price Declines Since Peak. (Sumber: Bloomberg)

"Kami melihat tekanan turun yang semakin meningkat di pasar, yang bisa menyebabkan penurunan lebih lanjut dalam harga saat pedagang menurunkan penilaian untuk mengejar penjualan," ujar Davis dalam Pembaruan Pasar Oktober dari Subdial.

Jumlah jam tangan bekas yang tersedia di pasar sekunder telah meningkat sebanyak 5 persen sejak bulan Agustus, menurut Subdial. Ketidakpastian harga, yang mengukur perbedaan dalam harga yang ditawarkan untuk sebuah jam tangan dari penjual yang berbeda, telah meningkat sebanyak 12 persen dalam periode yang sama.

"Dengan lebih banyak jam tangan tersedia dalam rentang harga yang lebih luas, apa yang kami lihat adalah orang menurunkan harga untuk mengejar penjualan menjelang musim liburan," ujar Davis.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Subdial karena pembeli telah menjadi lebih berhati-hati dan selektif, rata-rata jumlah hari yang diperlukan untuk menjual jam tangan bekas telah meningkat sebanyak 8 persen sejak bulan Agustus.

Indeks merek Rolex turun 1,5 persen bulan lalu dan sekarang mengalami penurunan sebesar 27 persen sejak puncaknya pada April 2022, seperti yang ditunjukkan oleh data yang dikumpulkan oleh Bloomberg dan Subdial. Indeks harga model Patek Philippe turun 2,3 persen pada bulan Oktober dan sekarang mengalami penurunan sebesar 47 persen sejak April 2022.

Meskipun harga di pasar barang bekas untuk jam tangan Rolex dan Patek telah mengalami koreksi tajam sejak puncaknya, model-model yang paling diminati dari kedua merek tersebut tetap diperdagangkan jauh di atas harga jual ritel.

(bbn)

No more pages