Logo Bloomberg Technoz

Ganjar-Mahfud, Prabowo-Gibran, Anies-Imin Resmi Peserta Pilpres

Pramesti Regita Cindy
13 November 2023 18:09

Kiri-kanan: Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo. (Bloomberg/Rony Zakaria/Dimas Ardian, Tangakap Layar Intagram @ganjar_pranowo)
Kiri-kanan: Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo. (Bloomberg/Rony Zakaria/Dimas Ardian, Tangakap Layar Intagram @ganjar_pranowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan tiga pasang calon (paslon) di Pemilu 2024, maka masing-masing kini berhak menyandang calon presiden maupun calon wakil presiden. Tiga paslon tersebut yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Ganjar-Mahfud), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin). Penetapan paslon dilakukan dalam rapat pleno tertutup oleh KPU sebagaimana diamanatkan oleh Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Dengan penetapan hari ini maka tiga paslon resmi menjadi peserta pilpres. Namun untuk pengundian nomor urut masih akan dilakukan pada Selasa petang (14/11/2023). 

Selain kini menyandang capres dan cawapres, masing-masing kandidat juga akan mendapatkan pengamanan dari Polri. Masing-masing mendapatkan pengamanan 74 personel yang dibagi dalam dua tim. Oleh karena itu secara total ada 444 yang diturunkan untuk mengawal para kandidat pilpres tersebut.

Selanjutnya usai pengambilan nomor urut pada besok maka masa kampanye pemilu akan berlangsung pada 28 November 2023-10 Februari 2024 mendatang. Pada masa kampanye diketahui KPU akan mengadakan debat capres-cawapres selama lima kali. Namun soal hal ini kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari akan dijelaskan lebih rinci.

"Karena hari ini baru ditetapkan pasangan calon presiden calon wakil presiden nanti pembicaraan akan kita lakukan setelah hari ini antara KPU dengan tim masing-masing paslon tentang kapan waktunya dilaksanakannya, kapan durasinya berapa metode penyiaran dan liputannya. Termasuk topik-topik apa saja yang menjadi bahan dalam perdebatan kampanye cawapres sudah dilakukan," kata Hasyim Asy'ri di gedung KPU, Jakarta, Senin (13/11/2023).