Logo Bloomberg Technoz

Megawati Sebut Kecurangan Pemilu Mulai Terlihat

Dovana Hasiana
12 November 2023 16:00

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Sumber: Tangkapan layar YouTube PDI Perjuangan)
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Sumber: Tangkapan layar YouTube PDI Perjuangan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengatakan, kecurangan Pemilihan Umum (Pemilu) akhir-akhir ini sudah mulai akan terjadi. Sehingga dirinya memperingatkan kepada masyarakat untuk tidak membiarkan hal tersebut terjadi. 

“Jangan biarkan kecurangan Pemilu yang akhir ini terlihat sudah mulai akan terjadi lagi. Gunakan hak pilihmu dengan tuntunan nurani,” ujar Megawati dalam keterangannya yang disiarkan secara virtual melalui YouTube PDI Perjuangan, Minggu (12/11/2023). 

Megawati tidak menggambarkan dengan gamblang bentuk kecurangan pemilu yang terjadi. Namun pernyataan ini diberikan sebagai respons terkait Mahkamah Konstitusi (MK) yang akhir-akhir ini disorot karena putusan perkara nomor 90/PUU-XXI/2023 yang dianggap memberikan karpet merah bagi anak sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka untuk maju sebagai bakal calon wakil presiden dari Prabowo Subianto. 

Adapun Megawati mengatakan, kondisi yang terjadi di MK saat ini menunjukan adanya manipulasi hukum. Menurutnya, itu terjadi karena adanya praktik kekuasaan yang telah mengabaikan kebenaran hakiki dan politik atas dasar nurani. 

Padahal, Megawati mengatakan, seharusnya konstitusi bukan hanya sebuah hukum dasar namun memiliki ruh yang mewakili kehendak dan tekad bagaimana pemerintah dikelola seperti yang dicita-citakan pendiri bangsa Indonesia.