Logo Bloomberg Technoz

Divestasi Vale Resmi 14%, ESDM Pastikan MIND ID Pengendali

Sultan Ibnu Affan
10 November 2023 13:25

Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)
Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengumumkan divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) telah rampung, dengan keputusan akhir tambahan akuisisi saham oleh PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) sebesar 14%.

Dengan demikian, MIND ID selaku perwakilan Pemerintah Indonesia resmi menjadi pemegang saham terbanyak INCO.

“Sudah, sudah diputuskan. Jadi yang dilepas oleh Vale adalah 14%, dengan itu [porsi saham] MIND ID [di Vale Indonesia] bisa 34%, dan itu mayoritas di antara yang lain. Karena kalau itu kan 20%-nya itu sudah kita awali pada 1990. Kalau enggak diambil, maka itu berdasarkan UU [Minerba] sudah masuk ke dalam negeri,” ujarnya, Jumat (10/11/2023).

Terkait dengan posisi MIND ID sebagai pengendali Vale Indonesia, Arifin hanya menjawab bahwa holding badan usaha milik negara (BUMN) sektor pertambangan itu akan menempatkan orangnya di posisi strategis dewan direksi dan komisaris Vale Indonesia.

“Prinsipnya direktur utamanya nanti [dan] komisaris utamanya itu dari pemenang [pemegang saham terbanyak] kan,” tegas Arifin. Saat ditanya apakah MIND ID akan menjadi pengendali, dia mengatakan, “Yang paling gede siapa [porsi sahamnya]? Nah itu.”