Logo Bloomberg Technoz

Menteri ESDM Janji Divestasi Vale Diumumkan Hari Ini

Sultan Ibnu Affan
10 November 2023 06:10

Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)
Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah berjanji akan mengumumkan keputusan final divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) hari ini, Jumat (10/11/2023), setelah proses negosiasi yang alot selama berbulan-bulan dengan PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID).

Dua hari sebelumnya, Rabu (8/11/2023), Presiden Joko Widodo telah memanggil Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wiroatmojo untuk membahas finalisasi divestasi Vale.

Seusai rapat, para perwakilan menteri menolak untuk mendetailkan lebih jauh hasil rapat divestasi saham Vale Indonesia tersebut. Akan tetapi, Menteri ESDM Arifin Tasrif memastikan salah satu syarat proses perpanjangan kontrak karya Vale adalah divestasi saham kepada representasi pemerintah, yang akan menjadi mayoritas.

"Pokoknya mayoritas lah Indonesia," ujar Arifin ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (8/11/2023) sore.

Namun, dia menolak membeberkan secara detail hasil rapat itu. "Nanti Jumat, Jumat. Belum [selesai]. Di dalam masih proses," ujarnya.