Logo Bloomberg Technoz

Akses Jalan ke IKN Dibangun Mirip Jakarta—Bekasi—Tangerang

Dovana Hasiana
09 November 2023 18:20

Pembangunan fasilitas pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pembangunan fasilitas pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan konektivitas Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan Balikpapan dan Samarinda bakal sama seperti Jakarta, Bekasi dan Tangerang.

Menurutnya, konektivitas terus dibangun oleh OIKN, sebab hal tersebut merupakan salah satu hal dasar yang menjadi pertanyaan bagi investor.

“Ya, harus, konektivitas kan biasanya yang ditanyakan oleh investor itu paling basic untuk kalkulasi mereka, dua ya [yang ditanyakan] satu jumlah penduduk tadi, satu lagi adalah aksesibilitas,” ujar Bambang saat ditemui di sela-sela kegiatan Digital Creative Leadership Forum, Kamis (9/11/2023).

Untuk itu, konektivitas terus dibangun oleh OIKN. Salah satu akses yang telah diresmikan adalah Tol Balikpapan—Samarinda. Selain itu, Bandara VVIP IKN juga ditargetkan selesai tahun depan. Dengan demikian, Balikpapan ke IKN hanya ditempuh dengan waktu 45 menit.

Bambang mengatakan nantinya terdapat transportasi umum tanpa pengemudi (autonomous drive). Uniknya, lanjut Bambang, nantinya transportasi tersebut akan memiliki rute yang terus berganti yang didasarkan pada permintaan penumpang.