Logo Bloomberg Technoz

Pengumuman ini disampaikan OpenAI dalam konferensi developer pertamanya pada hari Senin. OpenAI mengatakan bahwa mereka memperkenalkan versi preview untuk GPT-4 Turbo, versi yang lebih kuat dan cepat dari model bahasa besar terbarunya, teknologi yang mendukung ChatGPT.

ChatGPT dirilis ke publik setahun yang lalu, terpat di bulan ini, mengawali keriuhan dunia seputar semua hal tentang AI.

Sekitar 100 juta orang sekarang menggunakan ChatGPT setiap minggunya, dan lebih dari 90% bisnis Fortune 500 membuat alat pada platform OpenAI, seperti disampaikan  perusahaan pada konferensi tersebut, 

Produsen ChatGPT tidak sendiri, banyak produk yang mirip hadir dari pada startup AI yang didanai oleh raksasa teknologi, atau yang terbaru milik Elon Musk, pendukung awal OpenAI.

Bagi OpenAI, konferensi ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan seberapa besar pengaruh mereka terhadap komunitas pengembang.

Menyelenggarakan konferensi juga merupakan hal yang biasa dilakukan oleh perusahaan teknologi terkemuka, termasuk Apple, Google milik Alphabet Inc. dan Facebook milik Meta Platforms Inc. 

Sering kali, acara tahunan ini menawarkan kesempatan bagi perusahaan teknologi untuk melihat preview perangkat software atau pembaruan produk utama. 

Chief Executive Officer OpenAI, Sam Altman, menyampaikan presentasi utama di atas panggung dan bergabung dengan Satya Nadella. Nadella memuji kemitraan mereka —  bahkan ketika kedua perusahaan ini bersaing untuk mendapatkan pelanggan bisnis. 

Altman memberikan demonstrasi langsung tentang GPT, yang diluncurkan minggu ini untuk pengguna ChatGPT Plus dan Enterprise.

Altman mengetikkan ringkasan tentang apa yang ingin dia buat — chatbot untuk memberikan saran kepada para pendiri startup - dan ChatGPT mengeluarkan nama yang disarankan, Startup Mentor, dan gambar profil.

Orang-orang bisa mengonfigurasi kemampuan khusus untuk chatbot mereka, katanya, dan mengunggah file untuk dipertimbangkan saat berinteraksi dengan pengguna.

Berbicara kepada sekelompok jurnalis setelah presentasinya, Altman mengatakan, “Ini sangat lucu tetapi hal yang saya buat di atas panggung adalah sesuatu yang telah saya tunggu-tunggu selama satu dekade.”

OpenAI mengatakan bahwa versi Turbo dari GPT-4 dibangun dengan sejumlah data online yang berjalan hingga bulan April 2023, sehingga memberikan kesadaran yang lebih besar akan kejadian-kejadian terkini.

Versi asli GPT-4 memiliki akses ke data yang berjalan hingga September 2021, meskipun perusahaan meluncurkan fitur tahun ini yang memungkinkan pengguna ChatGPT menjelajahi internet guna mendapatkan informasi terkini.

“Kami sama kesalnya dengan Anda semua - mungkin lebih - karena pengetahuan GPT-4 tentang dunia berakhir pada tahun 2021,” kata Altman. “Kami akan mencoba untuk tidak membiarkannya ketinggalan zaman lagi.”

OpenAI mengatakan bahwa versi Turbo dari ChatGPT akan dapat memproses dan merespons permintaan sepanjang novel dari pengguna. Sebagai pembanding, model GPT-4 hanya mampu menangani teks sepanjang 50 halaman. Turbo juga akan lebih murah untuk digunakan oleh para pengembang, kata perusahaan.

Didirikan pada tahun 2015, OpenAI telah mengeluarkan banyak model AI selama bertahun-tahun. Teknologi ini telah menjadi lebih mahir dalam apa yang dikenal sebagai AI generatif - perangkat software yang dapat menelaah perintah tertulis dan mengeluarkan konten sebagai bentuk respon, baik teks yang dapat meniru apa yang ditulis oleh manusia, atau gambar yang terlihat realistis.

ChatGPT. (Dok: Bloomberg)

Beberapa orang telah menggunakan alat OpenAI untuk menulis lirik, membuat draf email, mengerjakan tugas atau PR, dan membuat buku anak-anak. 

Namun lebih jauh OpenAI dan perusahaan sejenis telah memicu gelombang baru masalah hak cipta. Pada hari Senin, OpenAI mengatakan akan membayar biaya yang ditanggung pengguna dari klaim pelanggaran hak cipta. Microsoft dan Google sebelumnya telah mengambil langkah serupa.

Acara OpenAI diadakan hanya beberapa blok dari lingkungan Hayes Valley di San Francisco,  juga dijuluki sebagai “Cerebral Valley” karena semakin banyaknya perusahaan startup yang berbasis di sana.

(bbn)

No more pages