Logo Bloomberg Technoz

Lalu terjadi pada 3 Oktober 2023 melukai 17 orang. Saat itu, gempa bumi terjadi 2 kali dengan kekuatan 6,3 skala richter dan 5,3 skala richter di distrik Bajhang, yang berbatasan dengan India, menghalangi jalan menuju dataran selatan.

Deretan gempa di Nepal

Dari informasi yang dikumpulkan, Nepal sering diguncang gempa. Pada tahun 2022 saja, negara yang berbatasan dengan India itu diguncang gempa selama dua kali.

Tepatnya pada 9 November 2022, di mana gempa bumi terjadi di Nepal bagian barat dan menewaskan sedikitnya enam penduduk desa, empat di antaranya adalah anak-anak. Gempa tersebut menghancurkan rumah-rumah dari lumpur dan batu bata di komunitas terpencil yang tinggal di kaki pegunungan Himalaya.

Lalu terjadi pada 12 November 2022. Gempa bumi berkekuatan 5,4 melanda Nepal, mengguncang rumah-rumah di negara Himalaya dan India.

Gempa juga pernah terjadi pada 16 September 2020. Saat itu Nepal diguncang gempa berkekuatan 6 skala richter dan getaran akibat gempa tersebut terasa hingga ibu kota, Kathmandu.

Pada bulan April dan Mei 2015, gempa bumi terburuk dalam sejarah Nepal terjadi empat menit sebelum tengah hari pada tanggal 25 April. Gempa tersebut berkekuatan 7,8 skala richter dan diikuti oleh gempa kedua 17 hari kemudian, menewaskan total 9.000 orang.

Gempa bumi paling mematikan yang pernah melanda negara itu, pada tahun 1934, menewaskan sedikitnya 8.519 orang di Nepal, serta ribuan lainnya di India.

(spt)

No more pages