Logo Bloomberg Technoz

Pekerjaan Hijau Kian Diminati, Tapi Terkendala Peran Pemerintah

Septiana Ledysia
04 November 2023 13:30

Kincir angin ilustrasi green energy
Kincir angin ilustrasi green energy

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anak muda (Gen Z) makin tertarik dengan isu lingkungan. Hal tersebut membuat pekerjaan hijau makin diminati.

Pekerjaan hijau sendiri adalah berbagai jenis pekerjaan yang membantu mengurangi dampak negarif terhadap lingkungan dan iklim.

Hasil survei pengetahuan mahasiswa terhadap isu krisis iklim menunjukkan 95 peren responden menganggap bahwa krisis iklim adalah masalah serius dan perlu segera ditangani. Untuk itu saat ditanya terkait ketertarikan mereka terhadap pekerjaan hijau, 98 persen responden percaya bahwa pekerjaan hijau dapat memberikan dampak positif pada lingkungan dan masyarakat.

Lalu 71 persen responden percaya pekerjaan hijau memberikan peluang karier yang menarik bagi anak muda dan 99 persen responden percaya anak muda memiliki peran penting dalam mengatasi tantangan krisis iklim melalui karier di bidang pekerjaan hijau.

Hasil survei pekerjaan hijau yang paling diminati. (Sumber: Survei Yayasan Indonesia Cerah dan SUMA UI)

Dari hasil survei yang dilakukan Suara Mahasiswa UI (SUMA UI) bekerja sama dengan Yayasan Indonesia Cerah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap peluang dan tantangan pekerjaan hijau (Green Jobs) di Indonesia.