Logo Bloomberg Technoz

29 Pasien Cacar Monyet, DPR Wanti-wanti Penularan Meluas

Fransisco Rosarians Enga Geken
03 November 2023 21:00

Seorang pekerja laboratorium medis memegang botol darah untuk menguji virus cacar monyet. (Envato/MargJohnsonVA)
Seorang pekerja laboratorium medis memegang botol darah untuk menguji virus cacar monyet. (Envato/MargJohnsonVA)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani mengatakan, total pasien cacar monyet atau monkeypox (Mpox) di Indonesia sudah mencapai 29 orang. Sebaran pasien juga sudah meluas atau tak lagi hanya di wilayah Jakarta.

Dia pun mendesak pemerintah segera memperluas jangkauan pelacakan atau tracing kasus positif sebagai langkah preventif.

"Dengan memperluas jangkauan tracing, kita dapat melakukan tindakan pencegahan sebelum penularannya meluas. Karena, pasien positif sudah mulai mengalami kenaikan," kata Puan seperti dilansir laman DPR, Jumat (3/11/2023).

Dia mengatakan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 1 November 2023, pemerintah mencatat ada 23 kasus cacar monyek di wilayah DKI Jakarta. Sedangkan enam kasus lainnya mulai tersebar ke luar Jakarta yaitu satu kasus di Bandung, Jawa Barat; dua kasus di Tangerang Selatan, dua kasus di Kabupaten Tangerang, dan satu kasus di Kota Tangerang, Banten.

Berdasarkan data yang sama, Puan mengatakan, seluruh pasien Mpox adalah laki-laki dengan rentang usia 18-49 tahun. Mayoritas kasus tersebut memiliki rentan masa inkubasi antara 6-13 hari. Meski, ada beberapa kasus dengan catatan masa inkubasi mencapai 21 hari.