Logo Bloomberg Technoz

DEN Buka Peluang PLTN Pasok Listrik 10 GW ke Proyek Smelter

Sultan Ibnu Affan
03 November 2023 13:30

Smelter nikel milik PT Merdeka Battery Materials Tbk (Dok. Perseroan)
Smelter nikel milik PT Merdeka Battery Materials Tbk (Dok. Perseroan)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Dewan Energi Nasional (DEN) mengungkapkan kemungkinan listrik dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Indonesia akan disalurkan untuk industri pengolahan mineral atau smelter.

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto mengatakan smelter-smelter yang ada di Indonesia diperkirakan membutuhkan kapasitas listrik sebesar 10 gigawatt (GW).

Nah, mereka [pemilik smelter] sudah melakukan pertemuan informal dengan PT ThorCon Power Indonesia dan MIND ID, [membahas] bagaimana kalau kebutuhan energi listrik smelter ini dipenuhi dari nuklir,” ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kamis (2/11/2023).

Menurutnya, pemasokan listrik berbasis nuklir untuk kebutuhan energi smelter akan menjadi faktor alternatif untuk membangun PLTN selanjutnya, menyusul pembangkit nuklir perdana yang ditargetkan beroperasi pada 2032 dengan kapasitas 500 megawatt (MW) di di Pulau Gelasa, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

“Sebenarnya ada beberapa lagi [alternatif lokasi PLTN] seperti di Kalimantan Barat, karena di sana secara data statistik tidak pernah terjadi gempa. Kemudian, di Sulawesi Tenggara juga didukung, kemudian di Pulau Nias juga ada salah satu alternatifnya,” sebut Djoko.