Logo Bloomberg Technoz

Hasil Stress Test KSSK: Sektor Keuangan RI Kuat

Mis Fransiska Dewi
03 November 2023 10:24

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komite Stabilitas Sektor Keuangan (KSSK) telah membuat skenario untuk mengukur daya tahan sektor keuangan dalam negeri. Hasilnya, sektor keuangan Indonesia dinilai masih kuat.

"Stress test KSSK melihat beberapa perkembangan kondisi terakhir dan sejumlah indikator dimasukkan. Perlambatan ekonomi global, kenaikan Fed Funds Rate dan yield obligasi, situasi geopolitik, harga minyak, sampai fenomena El Nino," kata Perry Wajiyo, Gubernur Bank Indonesia (BI), dalam jumpa pers KSSK periode kuartal III-2023, Jumat (3/11/2023).

Dengan memasukkan berbagai indikator tersebut, lanjut Perry, disimpulkan bahwa sektor keuangan Indonesia memiliki ketahanan yang cukup kuat. Sektor keuangan domestik memiliki penyangga atau buffer yang memadai.

"Rasio kecukupan modal (CAR) perbankan di atas 25%, likuiditas juga lebih dari cukup dengan rasio Alat Likuid terhadap Dana Pihak Ketiga sekitar 26%. BI juga masih memiliki insentif KLM sekitar Rp 20 triliun, dari Rp 50 triliun baru dipakai Rp 30 triliun. Lalu ada insentif penurunan rasio KLM, likuiditas bisa bertambah Rp 81 triliun," terang Perry.

Selain itu, lanjut Perry, rasio kredit bermasalah juga rendah. Per akhir September, NPL net adalah 0,77% dan gross 2,43%