Logo Bloomberg Technoz

Perekrutan Tenaga Kerja Melambat, Klaim Pengangguran di AS Naik

News
02 November 2023 21:22

Ilustrasi pekerja. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pekerja. (Sumber: Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Pengajuan atau klaim tunjangan pengangguran di Amerika Serikat (AS) naik selama enam minggu berturut-turut. Hal ini menunjukkan bahwa mereka yang kehilangan pekerjaan mulai mengalami kesulitan lebih besar dalam mencari pekerjaan baru.

Menurut data Departemen Tenaga Kerja yang dirilis pada Kamis, klaim pengangguran yang berlanjut, yang merupakan indikasi jumlah orang yang menerima tunjangan pengangguran, meningkat menjadi 1,82 juta dalam pekan yang berakhir pada 21 Oktober. Ini merupakan level tertinggi sejak April. 

Klaim awal juga mengalami kenaikan, mencapai 217.000 dalam pekan yang berakhir pada tanggal 28 Oktober. Rata-rata pergerakan empat minggu, yang meratakan beberapa fluktuasi dalam data mingguan, juga mengalami kenaikan.

Grafik klaim pengangguran AS. (Sumber: Bloomberg)

Angka-angka tersebut menggarisbawahi dampak penurunan perekrutan pekerjaan. Bahkan penurunan tipis dapat berdampak pada para pekerja. Meskipun perusahaan masih terus menambah lapangan kerja dengan laju yang sehat dan tingkat pengangguran tetap rendah, laju perekrutan pekerjaan mulai melambat. Sehingga, para pencari kerja lebih lama mendapatkan pekerjaan.