Logo Bloomberg Technoz

Weibo Hapus Akun Lisa BLACKPINK Usai Kontroversi Crazy Horse

News
02 November 2023 20:40

Lisa BLACKPINK. (Sumber: Instagram Lisa @lalalalisa_m)
Lisa BLACKPINK. (Sumber: Instagram Lisa @lalalalisa_m)

Bloomberg News

Bloomberg, Salah satu platform media terbesar di China, Weibo, menutup akun superstar K-Pop, Lisa BLACKPINK, dan aktris asal China Angelababy. Hal ini menjadi contoh terbaru bagi dunia hiburan yang menghadapi pengawasan lebih ketat di China.

Tidak ada penjelasan yang diberikan atas pemblokiran Weibo terhadap Lisa BLACKPINK dan Angelababy yang memiliki nama asli Angela Yeung. Namun, beredar spekulasi di media sosial yang menyebut pemblokiran ini terkait dengan keputusan Angelababy dan aktris Zhang Jiani untuk menghadiri pertunjukan terbaru Lisa di Crazy Horse Paris.

Kunjungan mereka ke klub burlesque yang dikenal lewat pertunjukannya yang bersifat kontroversial dengan penari berpakaian minim ini mendapat reaksi keras dari anggota masyarakat yang lebih berhati-hati, di saat Presiden Xi Jinping sedang menindak fan culture atau budaya penggemar.

Pada 2021, Xi Jinping memerintahkan tindakan besar-besaran untuk melakukan pembersihan pada industri hiburan. Regulator melarang kemunculan bintang film yang dianggap memiliki pandangan politik yang "salah", membatasi gaji, dan mengekang budaya penggemar.