Logo Bloomberg Technoz

Alasan Pertamina Turunkan Harga BBM Pertamax dkk Awal November

Sultan Ibnu Affan
01 November 2023 13:35

Ilustrasi pengisian BBM Pertamina. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi pengisian BBM Pertamina. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pertamina (Persero) menjelaskan alasan di balik penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi pada 1 November, pada saat kalangan ekonom justru ramai-ramai memprediksi harga Pertamax dkk. kembali dinaikkan awal bulan ini.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan penurunan harga BBM nonsubsidi awal bulan ini dilakukan sejalan dengan upaya perseroan untuk memaksimalkan daya jual BBM yang kompetitif.

"Kami sampaikan bahwa harga BBM Pertamina paling kompetitif untuk menjaga daya beli masyarakat,” ujarnya dalam pernyataan resmi perseroan, Rabu (1/11/2023).

Meski saat ini harga minyak dunia sedang mengalami fluktuasi, termasuk rupiah yang kini menyentuh angka tertinggi sejak 2020, kata Fadjar, Pertamina terus berupaya menjaga kinerja rantai pasoknya, termasuk fleksibilitas dalam memperoleh minyak mentah (crude) sehingga harga produk BBM di Indonesia bisa tetap kompetitif.

“Termasuk kita juga lakukan efisiensi sehingga bisa menghemat biaya produksi, hasilnya BBM Pertamina tetap kompetitif,” tambah Fadjar.