Logo Bloomberg Technoz

Kredit BNI Tembus Rp671 T di Kuartal III-2023, Berikut Rinciannya

Mis Fransiska Dewi
31 October 2023 17:41

BNI. (Dok. BNI)
BNI. (Dok. BNI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) mencatatkan penyaluran kredit secara konsolidasi menjadi Rp671,4 triliun, hingga akhir September 2023 atau tumbuh sebesar 7,8% secara year on year (yoy).

"Akselerasi kredit ini dilakukan dengan tetap mengedepankan asas kehati-hatian di mana sumber pertumbuhan kredit datang dari segmen berisiko rendah yaitu korporasi blue chip baik swasta dan BUMN, dan kredit konsumer, serta dua Perusahaan Anak yaitu hibank dan BNI Finance," ujar Direktur Finance BNI Novita Widya Anggraini

Lebih rinci, kredit segmen korporasi swasta blue chip tumbuh 19,2% YoY menjadi Rp251,6 triliun, diikuti segmen enterprise, yang merupakan direct value chain dari nasabah korporasi tersebut, tumbuh 10,2% YoY menjadi Rp57,4 triliun. 

Segmen konsumer tumbuh 12,7% YoY menjadi Rp119,5 triliun, yang dikontribusikan terutama dari pertumbuhan personal loan dan kredit pemilikan rumah (mortgage). Sementara itu, secara gabungan, Perusahaan Anak mencatatkan pertumbuhan kredit 94,3% YoY, sebagai dampak transformasi bisnis yang mulai berjalan.

"Penyaluran kredit yang tinggi oleh Perusahaan Anak dihasilkan dari hibank yang fokus pada pembiayaan UMKM berbasis cluster dan BNI Finance yang fokus pada pembiayaan kepemilikan mobil di segmen konsumer," ungkapnya.