Logo Bloomberg Technoz

Tips Mencuci Pakaian Bekas ‘Thrift’ Agar Bebas Kuman

Septiana Ledysia
31 October 2023 09:40

Calon pembeli memilih Thrifting pakaian bekas yang di jual di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (16/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Calon pembeli memilih Thrifting pakaian bekas yang di jual di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (16/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pakaian bekas hasil belanja thrifting walau kondisinya layak pakai, harus diwaspadai juga soal banyaknya kuman dipakaian tersebut. Berikut tips untuk mencuci pakaian bekas agar bebas kuman.

Langkah awal yang dibisa dilakukan adalah merendam baju dengan air panas. Dengan air merendamnya selama 15-20 menit. Lalu setelah itu dibersihkan lagi dan direndam dengan detergen. 

Dilansir dari The Spruce, Selasa (31/10/2023), pakaian bekas harus dicuci sangat bersih menggunakan deterjen dan harus mengikuti pedoman yang ada di label perawatan. Setelah itu harus dijemur di terik sinar matahari.

Ini sangat penting untuk mengetahui kandungan serat dan instruksi pembersihan. Selain itu, label perawatan memberi tahu Anda apakah barang tersebut dapat dicuci atau harus dicuci kering. 

Sebagian pakaian bekas ilegal yang diamankan oleh Polda Metro Jaya pada konferensi pers Jumat (24/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)

Untuk menghilangkan noda pada baju bekas, gunakan penghilang noda berbasis enzim dan gosokkan pada area yang reekena noda. Setelah noda hilang, baru baju bisa dicuci seperti biasa.