Logo Bloomberg Technoz

Sejarah Halloween dan Film-film yang Wajib Ditonton

Septiana Ledysia
31 October 2023 07:30

Permen Halloween. (Sumber: Bloomberg)
Permen Halloween. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Halloween dirayakan setiap tanggal 31 Oktober di seluruh dunia. Tradisi ini berasal dari festival Celtic kuno Samhain pada 2.000 tahun lalu.

Dilansir dari laman history.com, Halloween juga sebagai tanda berakhirnya musim panas dan masa panen serta awal musim dingin yang gelap dan dingin. Waktu dalam setahun yang sering dikaitkan dengan kematian manusia. 

Saat itu, bangsa Celtic percaya bahwa pada malam sebelum tahun baru (yang jatuh pada tanggal 1 November), batas antara dunia orang hidup dan dunia mati menjadi kabur. Bangsa Celtic juga berpendapat kehadiran roh dunia lain menimbulkan masalah dan merusak tanaman.

Untuk memperingati peristiwa tersebut, Druid membangun api unggun suci yang besar, tempat orang-orang berkumpul untuk membakar tanaman dan hewan sebagai pengorbanan dewa Celtic. Selama perayaan, bangsa Celtic mengenakan kostum yang biasanya terdiri dari kepala dan kulit binatang. 

Tradisi Samhain ini menjadi Halloween setelah pada abad ke-18, Paus Gregorius III mentapkan 1 November sebagai hari All Saints Days. Pada malam sebelum perayaan All Saints Days tepatnya pada 31 Oktober dirayakan All Hallows Ece, seiring berjalan waktu disebut ‘Halloween’.