Logo Bloomberg Technoz

Nasdaq Tertekan 1% Efek Buruknya Kinerja Meta dan Alphabet

News
26 October 2023 18:35

Ilustrasi pasar saham Amerika Serikat (AS). (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi pasar saham Amerika Serikat (AS). (Dok: Bloomberg)

Lynn Thomasson and Robert Brand-Bloomberg News

Bloomberg, Pasar saham Amerika Serikat (AS) jatuh dengan indeks Nasdaq mengalami penurunan 1%. Investor menghukum perusahaan-perusahaan yang mencatatkan pelemahan pendapatan dari yang diperkirakan sebelumnya.

Induk Facebook, Meta Platforms Inc. anjlok 4% dalam perdagangan permaket di Bursa AS setelah mengatakan bahwa hal ini disebabkan oleh kondisi lingkungan ekonomi tidak menentu. Grup teknologi Alphabet Inc. — pemilik Google— ikut turun 1,8%. Aksi jual terus terjadi sejak Rabu efek catatan mengecewakan bisnis cloud perusahaan. Amazon.com Inc., yang melaporkan hasil setelah closing terakhir, juga turun 1,2%. 

Efek bearish terbawa ke pasar lain, dengan ekuitas Eropa dan Asia turun tajam. Greenback menguat, dengan nilai emas bertambah 0,6%. Yield Treasury AS mendekati 5%. Yen mengalami kemerosotan melewati 150 per dolar AS, memicu spekulasi intervensi pemerintah di pasar valas. 

“Musim laporan keuangan telah meninggalkan banyak hal yang tidak diharapkan karena saham-saham yang biasanya sensitif secara ekonomi, yang telah bertahan dengan baik di tengah kondisi sulit, mulai berada di bawah tekanan,” kata Geir Lode, kepala ekuitas global Federated Hermes Ltd.