Logo Bloomberg Technoz

Pemanasan Global, Es Antartika Barat Mencair Lebih Cepat

News
24 October 2023 14:10

Es Antartika mencair (Isadora Romero/Bloomberg)
Es Antartika mencair (Isadora Romero/Bloomberg)

Sana Pashankar - Bloomberg News

Bloomberg, Menurut studi terbaru, lapisan es Antartika Barat diperkirakan akan meleleh dengan cepat, bahkan jika dunia mengurangi emisi dengan cepat. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan permukaan air laut yang lebih signifikan selama berabad-abad ke depan.

Lapisan es Antartika Barat menyimpan 3,2 juta kilometer kubik es di daratan. Namun, wilayah ini adalah bagian Antartika yang paling cepat mencair, sehingga menjadi penyumbang terbesar kenaikan permukaan laut di benua itu.

Studi terbaru ini, yang diterbitkan pada hari Senin dalam jurnal Nature Climate Change, memberikan perkiraan ulang tentang apa yang akan terjadi dalam beberapa dekade mendatang dengan mempertimbangkan risiko yang berbeda dari berbagai tingkat pemanasan global terhadap lapisan es yang mengapung. 

Lapisan es tersebut bertindak sebagai palang pintu, yang menahan lapisan es di darat. Namun semakin banyak penelitian yang menunjukkan suhu laut yang lebih panas kemungkinan menyebabkan lapisan es di sekitar Antartika Barat menjadi tidak stabil, yang dapat mengakibatkan kenaikan permukaan air laut secara besar-besaran.