Logo Bloomberg Technoz

Megawati: Dulu Saya ‘di-Bully', Kini Aman Ada Pak Mahfud

Pramesti Regita Cindy
18 October 2023 11:10

Deklarasi cawapres Ganjar Pranowo. Fotografer: Andre Kristianto
Deklarasi cawapres Ganjar Pranowo. Fotografer: Andre Kristianto

Bloomberg Technoz, Jakarta - Prof. Mahfud MD resmi diusung PDIP dan partai koalisi menjadi Cawapres Ganjar Pranowo. Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku merasa aman karena kini ada Mahfud di sampingnya.

“Untuk apa ada aturan hukum kalau semua pada diem, saya dulu sepi sendiri kalau saya ngomong [soal hukum] langsung dibullly wartawan, sekarang ada pak Mahfud, nih, belain saya,” kata Mega saat mengumumkan cawapres PDIP di kantor DPP PDI Perjuangan di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023)

Menurut Mega, Mahfud dikenal sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik. Selain itu, Mahfud juga punya pengalaman lengkap karena pernah menjabat di lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Andrean Kristianto/Bloomberg Technoz)

“Mahfud dikenal rakyat sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik. Saya bilang sama beliau “ini hukum jangan semua bungkam.” Untuk apa ada aturan hukum kalau semua pada diem, saya dulu sepi sendiri kalau saya ngomong [soal hukum] langsung dibullly wartawan, sekarang ada pak Mahfud, nih, belain saya,” ujar Mega.

Bukan kali ini saja Mahfud mengemuka namanya menjadi calon wakil presiden. Jelang Pemilu 2019, Jokowi sempat hendak menggandeng Mahfud MD sebagai pendamping. Namun, pada detik-detik terakhir, nama Mahfud terdepak diganti oleh Ma'ruf Amin, Ketua MUI ketika itu.