Logo Bloomberg Technoz

Ahtisaari menjabat sebagai Presiden ke-10 Finlandia selama satu periode untuk masa jabatan enam tahun hingga 2000, membimbing negara Nordik itu menjadi anggota Uni Eropa.

"Ahtisaari percaya pada kemanusiaan, peradaban, dan kebaikan, dan dia menjalani kehidupan yang besar dan berarti," kata Niinisto dalam pernyataan. "Dia adalah seorang presiden di masa perubahan, yang membawa Finlandia ke era global Uni Eropa."

Setelah menyelesaikan studinya di bidang pendidikan, Ahtisaari memulai kariernya sebagai guru sekolah dasar di Finlandia dan Pakistan, sebelum bergabung dengan Kementerian Luar Negeri Finlandia. Di sana, dia naik pangkat menjadi duta besar untuk beberapa negara Afrika, termasuk Tanzania dan Zambia. Sebagai seorang diplomat, dia menghabiskan sebagian besar hidupnya di luar negeri, dan menjabat dalam berbagai posisi di PBB mulai 1978.

Martti Oiva Kalevi Ahtisaari lahir pada tanggal 23 Juni 1937, di Viipuri, yang pada saat itu merupakan bagian dari Finlandia dan sekarang menjadi kota Rusia, Vyborg. Ayahnya, Oiva, adalah seorang teknisi militer dan ibunya, Tyyne, adalah seorang ibu rumah tangga. Keluarga mereka terpaksa melarikan diri saat perang pecah pada tahun 1939. Pengalaman itu membuatnya menjadi "orang yang terusir selamanya," kata Ahtisaari dalam wawancara pada tahun 2008.

Sebagai seorang mediator, Ahtisaari sangat tekun, gigih, dan tahu bagaimana meredakan tekanan melalui negosiasi.

Saat masa jabatannya sebagai presiden Finlandia berakhir, Ahtisaari tidak mencari masa jabatan ulang. Sebaliknya, dia mendirikan Crisis Management Initiative, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada mediasi perdamaian dan menyelesaikan konflik-konflik kekerasan melalui dialog informal dan mediasi. Organisasi ini kemudian menjadi CMI - Yayasan Perdamaian Martti Ahtisaari.

Dia juga menjadi anggota dewan direksi UPM-Kymmene Oyj, sebuah perusahaan kehutanan Finlandia, dan Elcoteq SE, mantan produsen kontrak elektronik konsumen.

Pada tahun 2021, Ahtisaari menarik diri dari kehidupan publik karena menderita Alzheimer yang sudah cukup parah. Dia meninggalkan istri, Eeva, dan putra mereka, Marko.

(bbn)

No more pages