Logo Bloomberg Technoz

Gejolak Pasar Obligasi Beri Gambaran Akhir Siklus Bunga Acuan

News
15 October 2023 18:40

Ketua Bank Sentral AS Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)
Ketua Bank Sentral AS Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)

Michael Mackenzie, Ye Xie and Liz Capo McCormick - Bloomberg News - 

Bloomberg, Para pedagang surat utang pekan ini mendapatkan gambaran sekilas akan seperti apa akhir dari siklus kenaikan bunga acuan Federal Reserve.  

Di tengah kondisi perdagangan yang bergejolak, Departemen Keuangan mengalami minggu terbaik sejak pertengahan Juli setelah beberapa pejabat bank sentral mengamati bahwa aksi jual US Treasury telah mendorong imbal hasil ke level tertinggi dalam beberapa tahun, membantu the Fed lebih cepat memperketat moneter, dan mencegahnya mengetatkan lebih lanjut.

Imbal hasil (yield) anjlok karena komentar tersebut, dikombinasikan dengan permintaan safe haven yang dipicu oleh konflik Timur Tengah, memberikan latar belakang yang lebih mendukung obligasi AS.

Itu adalah perubahan yang tajam. Kenaikan imbal hasil dalam beberapa minggu terakhir sepertinya tidak dapat dihentikan, yang dipicu oleh reli kenaikan suku bunga the Fed tanpa batas waktu. Namun meskipun terjadi reli harga minggu ini, banyak investor tetap berpegang pada ekspektasi mereka bahwa bunga acuan akan bertahan di level tinggi lebih lama, dan memandang kenaikan harga obligasi baru-baru ini sebagai hal yang rapuh.