Logo Bloomberg Technoz

Perlu Diingat! Cara Menjaga Badan Tetap Bugar Saat Lansia

Septiana Ledysia
09 October 2023 17:40

Lansia di Jepang. (Sumber: Bloomberg)
Lansia di Jepang. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bertambahnya usia perlu memerhatikan kondisi kesehatan dan mental. Jangan sampai kerja berlebihan (overworked) yang membuat badan lemas dan penyakit bawaan semakin parah.

Seperti yang dialami Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang dikabarkan sakit hingga butuh istirahat total untuk mempercepat pemulihan. Luhut merupakan gambaran lansia yang bekerja terlalu keras dengan segala tugas yang dipertanggung jawabkan kepada dirinya.

Untuk itu, penyesuaian gaya hidup yang tepat dapat membantu mencegah berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. Berikut berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan lansia yang dikutip dari website Kementerian Kesehatan RI.

Pertama, menjaga berat badan tetap idelal. Berat badan yang berlebih meningkatkan risiko mengalami berbagai penyakit serius seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, gangguan tidur, hingga ostheoarthritis dan kanker.

Namun, memiliki berat badan di bawah batas normal juga kurang baik. Karena, lansia dengan berat badan kurang dari angka ideal memiliki tingka kematian yang tinggi dibandingkan lansia obesitas.